Instalasi Sistem Operasi (SO)

BAB 3

INSTALASI SISTEM OPERASI

Microsoft Windows XP merupakan sistem operasi yang memberikan sifat “hidup” pada komputer. Agar komputer dapat melakukan tugas aplikasi, maka langkah selanjutnya dalam merakit atau instalasi komputer adalah menginstal salah satu sistem operasi, dalam hal ini dicontohkan sistem operasi dengan menggunakan windows XP Prpfessional, berikut langkah-langkah menginstalnya.


Langkah-Langkah Instalasi Windows XP Professional

1. Hidupkan PC kamu dan masukkan CD Instalasi Windows XP ke dalam CD-ROM. Jangan lupa kamu harus mengatur konfigurasi BIOS supaya sistem anda dapat boot melalui CD-ROM, caranya adalah sebagai berikut :

a. Untuk mengganti booting awal ke cd room kamu bisa masuk ke BIOS dengan cara menekan secara terus menerus tombol DEL yang ada di keyboard begitu computer di hidupkan. Otomatis tampilan layar monitor akan menuju BIOS biasanya warna biru, kemudian anda cari sub menu yang memanagement booting (biasanya sub menu advance bios feature-boot sequence / first boot).

b. Jika setelah kita tekan tombol DEL komputer tidak mau masuk ke BIOS maka coba tekan tombol F2 atau F12 tergantung dari tipe Motherboardnya, berbeda tipe motherboardnya berbeda pula settingan BIOS nya.

c. Jika Motherboat anda keluaran terbaru untuk mengganti booting awal ke cd room anda cukup menekan tombol F8 atau F10 atau F11 begitu computer dihidupkan.

2. Setelah proses booting berhasil kemudian maka akan muncul gambar seperti di bawah dan kemudian ada tulisan pres any key to boot from cd, maka anda harus menekan salah satu tombol di keyboard anda (misal tekan enter).

3. Anda akan berada pada layar window XP setup (tulisan window setup berada dipojok kiri atas), tunggu proses sampai selesai. Pada proses ini windows memasukkan driver-driver untuk peripheral tertentu.

4. kemudian muncul layar window xp proessional setup (tulisan ini juga berada pada pojok kiri atas). dilayar ini anda akan dihadapkan pada pilihan seperti :

a. To setup window xp press ENTER.

b. To repair winows xp installing using recovery press R

c. To quit setup press F3

Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan ENTER

5. Selanjutnya anda dihadapkan pada layar window xp licencing agreement, dan anda apabila anda menyetujuinya maka tekan F8.

6. Apabila komputer anda sebelumnya belum terinstal windows XP maka anda akan di hadapkan pada tampilan sebagai berikut dan anda harus melakukan partisi hardisk anda terlebih dahulu, maka tekanlah enter.

7. Setelah itu maka anda akan dibawa ke menu partition, seperti terlihat pada gambar dibawah.

a. Untuk set up window xp maka tekan Enter

b. Untuk membuat partisi baru maka tekan C

c. Untuk membuang / delete partition tekan D

8. Setelah anda membuat partisi pada hardisk anda maka kita tentukan drive yang hendak kita pakai untuk tempat instalasi widows XP, biasanya kita letakkan pada drive C, maka arahkan ke drive C dan tekan ENTER.

9. Selanjutnya anda akan di hadapkan pada pilihan format partisi hardisk, secara default Windows XP menggunakan format NTFS sebagai format partisinya, tetapi anda bisa mengubahnya ke dalam format FAT apabila anda menghendakinya, selanjutnya kita biarkan secar default dan tekan ENTER.

10. Setelah kita tekan ENTER maka proses format akan berjalan, tunggulah proses format tersebut sampai selesai.

11. Apabila proses format telah selesai maka proses selanjutnya adalah proses copying file-file window, tunggulah proses tersebut sampai selesai sampai muncul konfirmasi untuk merestart komputer.

12. Konfirmasi untuk merestart komputer, anda bisa menunggunya atau anda langsung tekan ENTER.

13. Setelah restart maka akan muncul layar loading Windows XP Professional, dan akan membawa kita ke proses instalasi

14. Setelah proses instal bagian I telah selesai dengan baik, maka kita akan dihadapkan pada tampilan sebagai berikut

Tahapan pertama instalasi windows, kita akan menunggu selama 39 Menit untuk menginstal Windows XP.

15. Selama proses Instalasi Windows berjala, maka kita dapat duduk menunggu dan rileks

16. Pada menit ke 33 kita akan di hasapkan pada Regional and Language Option, maka kta tekan NEXT saja

17. Setelah kita menekan tombol NEXT maka kita pada tampilan seperti dibawah, isilah Nama dn Organisasi sesuai dengan keinginan anda kemudian tekan NEXT.

18. Isilah Prodect Key dari Microsoft untuk Windows XP Profesional milik anda, kemudian tekan NEXT

19. Kemudian muncul screen Computer Name and Administration Password, maka isilah Coputer Name sesuai dengan keinginan and, untuk administration password boleh ana isi boleh juga tidak ansa isi, kemudian tekan NEXT.

20. Muncul lagi screen Date and Time Setting, sesuaikan hari, tanggal, bulan dan tahun sekarang, secara default biasanya untuk pengaturan Date & Time sudah sesuai dengan waktu kita menginstal, yang perlu kita cermati adalah pada Time Zone kita harus mengubahnya menjadi (GMT +07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta karena kita tinggal di wilayah Indonesia.

Apabila kita salah melakukan penyetingan pada bagian ini maka kita dapat mengubahnya setelah proses instalasi Windows XP selesai, kita mengubahnya lewat Control Panel Windows XP.

Setelah semuanya di isi maka tekan NEXT.

  1. Proses Instalasi Windows XP akan dilanjutkan

22. Selanjutnya akan muncul screen Networking Settings, pilih Typical Settings dan tekan NEXT


(Pada beberapa komputer ada juga screen Networking Setting ini tidak muncul )

23. SElanjutnya akan muncul sceen seperti di atas maka kita langsung saja tekan NEXT

24. Proses Instalasi Windows XP akan di lanjutkan dan kita dapat menunggunya dengan santai.

25. Proses Instalasi akan berjalan terus sampai pada menit ke 1 dan komputer akan melakukan restart.

26. Setelah komputer restart maka instalasi Windows XP sudah selesai dan Windows XP akan melakukan Booting untuk pertama kalinya.

Satu Tanggapan to “Instalasi Sistem Operasi (SO)”

  1. kang cecep Says:

    siplah… tapi artikelnya dirapiin biar enak dibacanya🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: