Cara Mencegah dan Menghapus Virus Guardian

Beberapa hari terakhir ini ada beberapa pelanggan babeh yang mengeluh handphone tidak bisa terima dan kirim sms. Sebelumnya, mereka mendapat sms dari telkomsel berupa pemberitahuan kalau handphonenya terkena virus guardian. Sebenarnya SMS seperti itu sudah sering dikeluhkan pelanggan yang lain, tapi sampai beberapa hari terakhir memang belum ada keluhan hape tidak bisa sms jadi pada awalnya babeh kira pemberitahuan itu cuma sekedar peringatan yang tidak terlalu serius.

menghapus virus sms guardian dengan fexplorer Cara Mencegah dan Menghapus Virus GuardianSetelah babeh cek ke websitenya telkomsel, ternyata virus sms guardian memang ada. Bahkan mereka sudah menyiapkan tutorial cara menghapus virus guardian.  Ternyata babeh yang telat informasi hehehehe..

Sebenarnya apa shi virus guardian itu?

Virus SMS Guardian adalah sebuah aplikasi handphone yang secara otomatis mengirimkan SMS ke nomor +33xxxxx secar terus menerus, akan tetapi SMS tersebut tidak ditampilkan pada menu sent item pada handphone sehingga pemilik handphone tidak sadar bahwa handphone mereka terkena sms virus guardian ini.

Sampai saat ini belum ada keluhan pulsa berkurang karena virus itu. Pengguna handphone baru sadar klo hape mereka terkena virus setelah mendapat sms dari telkomsel.

Pengiriman sms yang dilakukan secara terus-menerus inilah yang membuat server sms menjadi overload sehingga provider besar seperti telkomsel merasa perlu untuk turun tangan. Begitu kira-kira.

Ternyata tidak hanya pengguna handphone symbian yang mendapatkan sms virus ini meski sebenarnya handphone mereka tidak terkena virus. Hal ini mungkin terjadi karena sebelumnya mereka pernah memindahkan sim card mereka ke handphone simbian yang terkena virus sehingga mereka kebagian sms itu. Tapi jangan takut, setelah kurang lebih 3 hari, jika mereka tidak memindahkan chip simcard tsb ke hape simbian yang terkena virus tsb, sms pemberitahuan virus tersebut akan berhenti kok.

Ada beberapa cara untuk mencegah handphone tertular virus guardian dan virus handphone pada umumnya:

  • Jangan terlalu sering memasang atau memindah-mindah memori card dari handphone lain, kalau memang terpaksa, pastikan memori card dan handphone asal tidak terkena virus.
  • Jangan menerima koneksi bluetooth dari perangkat lain yang tidak kita ketahui atau tidak kita minta. Lebih amannya, hanya nyalakan perangkat bluetooth pada saat kita butuhkan saja.
  • Jika perlu bertukar file, foto atau aplikasi dengan teman, pastikan handphone teman kita itu tidak terkena virus.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus virus guardian:

  • Menggunakan aplikasi FExplorer

Biasanya tukang isi aplikasi sudah menyertakan aplikasi handphone ini, kalo ada yang belum punya, silakan download installer FExplorer untuk symbian versi 1 dan 2  disini sedangkan untuk symbian 3, bisa download installer FExplorer disini.

  • Menggunakan aplikasi Y-Browser

Installer aplikasi Y-Browser bisa didownload disini.

  • Menggunakan aplikasi X-Explore

Installernya bisa didownload disini.

Pada intinya, caranya sama yaitu mencari file atau folder yang mempunyai nama guard* menggunakan menu find atau search. Setelah ketemu, hapus file-file tersebut.

Untuk tutorial secara bertahap lengkap beserta ilustrasi dan gambar-gambarnya, bisa didownload disini.

sumber : http://babeh.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: